Pelatihan Menulis Kreatif Berbasis Mindfulness dan Ekopsikologi untuk Penguatan Literasi Lingkungan

Main Article Content

Arman Jaya
Anis Kurniawan

Abstract

Pelatihan ini bertujuan mengembangkan model inovatif penguatan literasi lingkungan melalui integrasi menulis kreatif, mindfulness, dan ekopsikologi. Latar belakang kegiatan ini berangkat dari rendahnya budaya menulis dalam masyarakat, padahal kemampuan menulis memiliki peran penting dalam membangun kesadaran diri dan lingkungan. Metode yang digunakan menggabungkan: (1) pendekatan experiential learning melalui praktik menulis di ruang terbuka, (2) teknik mindfulness writing yang menekankan kehadiran penuh dalam proses kreatif, dan (3) pendekatan ekopsikologi untuk memperkuat keterhubungan emosional antara manusia dan alam. Pelatihan berlangsung selama dua hari di Markas Manggala Agni DAOPS Gowa dan melibatkan 35 peserta dari berbagai latar belakang. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam: (a) kemampuan menangkap momen inspiratif (72% peserta), (b) penguasaan teknik penulisan kreatif (65%), dan (c) kesadaran lingkungan (88%). Temuan menarik menunjukkan bahwa interaksi langsung dengan alam turut mendorong peningkatan kreativitas dalam penggunaan metafora sebesar 40% dibanding pelatihan konvensional. Kegiatan ini membuktikan efektivitas pendekatan holistik dalam pengembangan literasi dan kesadaran ekologis. Model pelatihan ini juga membuka peluang penerapan strategi pembelajaran alternatif dalam pendidikan non-formal yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan ekologis secara seimbang. Pelatihan ini tidak hanya memperkuat keterampilan menulis peserta, tetapi juga menumbuhkan empati ekologis dan koneksi yang lebih mendalam dengan alam sekitar.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Jaya, A. ., & Kurniawan, A. . (2025). Pelatihan Menulis Kreatif Berbasis Mindfulness dan Ekopsikologi untuk Penguatan Literasi Lingkungan. KATALIS : Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.63288/jipm.v1i1.1